Tropong Desa - Portal Berita Online Teraktual & Terpercaya | Untuk Pemasangan Iklan Hubungi 081915618200

Antusias Temukan Solusi ,Bumdes Lotim Bentuk Forum

NTB Jadi Tuan Rumah Festival Ekonomi Syariah Indonesia
Agustus 8, 2020
Seluruh anggota AKDES siap pasang badan untuk anggotanya yang dizolimi.
Agustus 11, 2020

teropongdesa.com,Lotim – Berdasarkan data daftar hadir saat pembentukan forum Bumdesa Lombok Timur ,ada ratusan peserta yang ikut mengahdiri kegiatan tersebut yang terdari dari pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) yang tersebar di wilayah Kabupaten Lombok Timur ,Nusa Tenggara Barat pada hari Sabtu 08/08 /2020

Antusias kehadian mereka ,manurut sekeretaris Forum Bumdes Lombok Timur ( FB-Lotim ) Samsul Hakim ,kepada media tropongdesa.com adalah wujud rasa senasib sepenanggungan atas kompleknya persoalan Bumdes yang mereka kelola saat ini.

Ia juga menyebutkan bahwa dengan banyaknya kendala pengembangan usaha yang dialami Bumdes,diaykininya membutuhkan kebersamaan untuk mencari jalan keluar dari persoalan tersebut.

Diantaranya,lanjutnya lagi ,dengan cara bersama-sama  mengidentifikasi masalah yang dihadapi Bumdes dan memfasilitasi dalam mengedukasi Bumdes sebagai langkah meningkatkan pengelolaan Bumdes.

memberikan rekomendasi tenaga profesional untuk memberikan pembekalan  langkah-langkah pengelolaan untuk menjaga pengembangan usaha Bumdes agar berkesinambungan.

Didalam forum ini juga ,kata Samsul ,para pengelola Bumdes dapat secara bersama-sama mencari solusi dari isu terkait pengelolaan dan pengembangan bumdes,

Baik dari penyertaan stimulasi untuk kemajuan  dan mengoptimalkan peranan Bumdes sebagai akar perekonomian desa sehingga menjadi pilar ekonomi desa.

Sasaran akhirnya dengan keberadaan FB-Lotim ini, menurut Samsul, pelaku usaha Bumdes harus memiliki kemampuan optimal dalam menggerakkan roda perekonomian desa melalui Bumdes dengan membangun hubungan bisnis antar Bumdes dan pelaku bisnis lainnya.

Dengan membangun kemitraan lintas bumdes ,melalui wadah FB-Lotim ini ,Samsul yakin pelaku usaha Bumdes mampu mengatasi masalahnya, dan menjadikan Forum Bumdes Lotim menjadi rumah besar Bumdes dalam meningkatkan pengelolaan dan pengembangan usaha Bumdesa.

Di beberkannya juga bahwa Ada beberapa agenda yang menjadi titik berat program FB-Lotim kedepan diantaranya ,penguatan kapasitas Bumdes agar setara dengan BUMN sesuai dengan amanat UU tentang desa, temu bisnis antara pelaku bisnis dengan Bumdes, diskusi  membahas topik seputar peluang dan tantangan dalam pengelolaan bumdes,

Ia juga menguak fakta bahwa Bumdes tidak berorientasi pada profit semata, tetapi lebih berpikir dan memberikan capaian pada benefid oriented.

Untuk itu ,lanjutnya lagi, perhatian kepala desa  terhadap Bumdes harus maksimal dan tidak hanya terpokus pada program fisik semata lalu mengabaikan program pemberdayaan melalui Bumdes.

Pasang Iklan