Tropong Desa - Portal Berita Online Teraktual & Terpercaya | Untuk Pemasangan Iklan Hubungi 081915618200

Bahas Industri Unggulan Kabupaten, Sekda Lotim Silaturahmi Ke Disperin NTB

Dandim 1615 Lotim Bersama Pasukan, Seruduk Kediaman Kapolres Lotim, Ada Apa Ya…..???
Juli 1, 2021
Sukuran Hari Ulang Tahun Bhayangkara Ke 75, Polres Lotim Rajut Transformasi Presisi Lawan Covid-19
Juli 2, 2021

TROPONGDESA.COM, Lombok Timur – Pada hari Rabu, 30 Juni 2021, Kepala Dinas Perindustrian Nusa Tenggara Barat (NTB) mendapat kunjungan kerja dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lombok Timur, Drs. H. M. Juaini Taofik, M.AP.

Sekda Lotim, yang akrab di panggil kak Upik ini, menuturkan bahwa, Kunjungan kerja itu berlangsung di ruang kerja kepala dinas Perindustrian NTB, Nuryanti, SE, ME. dengan agenda membahas mengenai rencana pengembangan industri berbasis pada sektor komoditas unggulan di Kabupaten Lombok Timur dan NTB pada umumnya.

Saat ini, lanjutnya lagi, tanaman Porang adalah salah satu komoditas yang menjadi hot isuess comodities di NTB. Sehingga tanaman yang masuk dalam paritas umbi-umbian ini menjadi salah satu poin penting tema diskusi.

Ditempat itu, kak Upik juga menyampaikan mengenai rencana Pemkab Lotim untuk membangun industri olahan Porang sebagai proses hilirisasi komoditas Porang yang dibudidayakan di seluruh NTB.

Lanjutnya lagi, Selain Porang, tentunya berbagai komoditas unggulan di Kabupaten Lotim menjadi prioritas untuk dikembangkan, “meski tema diskusinya mengenai Porang, bukan berarti Porang menjadi komoditi prioritas utama di Lotim, tapi semua komoditi unggulan di Lotim akan menjadi prioritas”jelasnya.

Gayung bersambut, Kepala Disperin NTB, Nuryanti, SE, ME merespon dengan antusias master plan pengembangan industri Kabupaten Lotim yang disampaikan oleh Sekda tersebut. Karena master plan itu dianggap linier dengan visi industrialisasi yang digaungkan oleh Dinas Perindustrian Prov NTB dalam RPIP NTB Tahun 2020.

Namun, Nuryanti mengharapkan adanya tindak lanjut oleh pengambil kebijakan kedua di Lotim ini, dengan pembahasan rencana detail untuk membangun perencanaan yang komprehensif. Bersama seluruh stakeholder  di Kabupaten Lotim dan Provinsi NTB umumnya.

“Pertemuan kali ini adalah adalah pertemuan awal”singgungnya. Karena rencana besar itu membutuhkan sebuah konsep awal untuk pengembangan sektor industri unggulan. ” Tinggal kami menunggu  adanya tindak lanjut detail dan harus  segera digagas untuk mengawal hal tersebut” ujarnya.

Melalui gagasan besar ini, ia berharap Agar seluruh pihak dapat bekerjasama dengan baik, sesuai tugas dan fungsinya. Agar kita semua dapat bergerak bersama, menuju NTB Gemilang.(TD)

Pasang Iklan