Tropong Desa - Portal Berita Online Teraktual & Terpercaya | Untuk Pemasangan Iklan Hubungi 081915618200

Bersama Mahasiswa Bagikan 300 Kantong Sampah

Desa Kotaraja Galakkan Jum’at Bersih
September 1, 2020
Pemdes Kotaraja Siap Mendukung Kerjasama Bumdes Dengan PT. GNE
September 4, 2020

tropongdesa.com, Lombok Timur – Menindak lanjuti pembagian kantong sampah sebelumnya , saat ini pemuda desa lepak kembali membagikan ke warga 300 kantong sampah disertai penyangganya.

300 Kantong sampah ini disebar merata kesemua wilayah dusun sampai ke tingkat RT , aksi yang dilakukan bersama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN)  Universitas Muhammadiyah Mataram pada Rabu 02/09/2020 ini terlihat dilakukan dengan penuh semangat.

Pembagian ini juga dimanfaatkan oleh para pemuda untuk menjelaskan perbedaan antara sampah organik dan sampah un-orgaik , sekaligus membeberkan manfaat dari kedua jenis sampah tersebut.

Seperti sampah dapur yang gampang membusuk ,disarankan ke masyarakat untuk menjadikannya sebagai pupuk cair usai melalui beberapa tahapan permentasi sederhana yang bisa dilakukan masyarakat itu sendiri.

Untuk sampah anorganik ,masyarakat diminta untuk memilah agar bisa didaur ulang ,juga diberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya sampah anorganik terhadap lingkungan.

Dengan adukasi yang diberikan kepada warga ini ,menurut Yovi ,akan mampu mengelola sampah dengan mandiri, kendati demikian para pemuda tidak akan melepas aktifitas warga begitu saja,namun akan rutin memantau aktifitas warga ini dua kali seminggu.

“Kami sudah jadwalkan untuk melakukan pengecekan kantong sampah warga ini dua kali seminggu ,apakah dimanfaatkan atau tidak,”jelasnya.

Ditempat berbeda ,kepala pasar ,zarwan Muliadi ( debek:red ) mengaku sangat terbantu dengan aksi pemuda ,kendalanya saat ini,kata debek, fasilitas Tempat Pembuangan Sampah Ahir (TPA) hanya ada di pasar lepak dan itu tidak mampu menampung jumlah sampah yang dibuang oleh warga.(TD)

Pasang Iklan