Tropong Desa - Portal Berita Online Teraktual & Terpercaya | Untuk Pemasangan Iklan Hubungi 081915618200

Cianjur Luluh Lantah Setelah Digoyang Gempa 5,6 SR

Buntut Masa Aksi Berdarah, Ketua LMND NTB Serukan LMND Se-NTB Aksi Kolektif Tuntut Kapolda Bertanggung Jawab
November 8, 2022
Kembali Menjabat Ketua Umum LMND, Muhammad Asrul Akan Membawa LMND Menjadi Organisasi Modern, Mandiri dan terbesar di Indonesia
Desember 11, 2022

TROPONGDESA.COM, Cianjur – warga kabupaten Cianjur, provinsi Jawa barat, saat ini sedang berduka setelah di goyang gempa berkekuatan 5,6 sekali Richter. Gempa yang meluluhlantahkan sebagian besar rumah warga tersebut terjadi sekira pukul 13.21 wib, berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setempat, pusat gempa berada di 6,84 lintang selatan dan 107,05 bujur timur pada kedalaman 10 kilo meter namun tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Kendati demikian, akibat gempa ini menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kabupaten Cianjur, jumlah rumah warga yang terdata rusak berat untuk sementara berjumlah 7 rumah, dan 2 orang warga meninggal dunia dan empat orang warga mengalami luka-luka.

Selain rumah warga, jalur transportasi dibeberapa bagian mengalami kelumpuhan akibat longsor, aspal yang mengalami retakan bahkan ada yang sampai terputus seperti jalur Cianjur menuju Cipanas menuju puncak Bogor dan sebaliknya.

Atas kondisi tersebut dikutip dari akun Instagram @tmcpolresbogor, menyarankan kepada pengguna jalan yang akan melalu jalur tersebut menuju Bandung agar menggunakan jalur alternatif dari Cibubur-jonggol-cianjur atau melalui Ciawi-sukabumi-cianjur.

Sementara ini dari pihak kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) melalui juru bicaranya, Endra Atmawijaja telah menerjunkan personil dan beberapa unit alat berat untuk membersihkan ruas jalan yang tertimbun longsor di kecamatan cugenang.

“Kita sedang mobilisasi personil dan alat berat dari lokasi terdekat (sekitar 10 kilo meter), untuk membersihkan jalan nasional dari pohon tumbang dan longsor. Dengan harapan secepatnya jalan nasional dari puncak-cipanas-cianjur kembali normal”ujarnya, dikutip dari www.detik.com.

Sejauh ini pihak BNPB bersama TRC terus melakukan evakuasi terhadap para korban gempa sembari melakukan update data jumlah rumah warga yang rusak berat maupun ringan dan korban meninggal dunia maupun yang mengalami luka ringan maupun berat.(td)

Pasang Iklan