Tropong Desa - Portal Berita Online Teraktual & Terpercaya | Untuk Pemasangan Iklan Hubungi 081915618200

Kapolda NTB: Komunikasi Dengan Semua Elemen Masyarakat Menjadi 3 Strategi Menjaga Kamtibmas

Dalam Safari Solat Jum”at, Waspada Narkoba Dan Covid-19 Menjadi Pesan Kamtibmas Polsek Pringgasela
Juni 18, 2021
Kapolsek Sakbar Lakukan Patroli Dialogis, Temui Tokoh-Tokoh
Juni 20, 2021

TROPONGDESA.COM, Lombok Timur – Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Pol Muhammad  Iqbal S.IK. M.H membeberkan tiga startegi penting yang harus di laksanakan aparat kepolisian didalam menjaga keamanan dan ketertiban ditengah masyarakat. Hal tersebut disampaikannya pada acara silaturahmi bersama para tokoh dan pemuda kabupaten Lombok timur, tepatnya di cafe Audy, pada hari jum”at (18/06).

Agenda silaturahmi para tokoh dan pemuda ini digagas oleh pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) yang di hadiri Kapolda NTB, IRJEN Pol. Muhammad  Iqbal S.IK. M.H, Kapolres Lotim, AKBP Tunggul Sinatrio, S.I.K, SH. M.H, Kepala DPMD Provinsi NTB, Dr Ashari, SH. MH, Sekeretaris Daerah Lotim Drs. H.M. Juaini Taofik, MAP, Dir Binmas Polda NTB, AKBP Desy Ismail, S.IK, Kadinsos Prov. NTB H. Ahsanul Halik, S.Sos., M.H, Kasat Intelkam Polres Lotim, AKP Larep, Kasat Lantas Polres Lotim, IPTU Rita Yuliana, SIK. MH, Ketua umum KNPI, Taufik Hidayat, Sekretaris KNPI, Mukhtar Holidy, SH. MH, terlihat juga Perwakilan BEM dan OKP Lotim, sekira 40 orang.

Ditempat itu, Ketua KNPI Lotim, Taufik mengatakan mengenai pentingnya peran serta pemuda didalam menjalankan keseimbangan pembangunan di kabupaten Lombok timur. Ditambah lagi dengan situasi Kondusifitas yang dirasakan saat ini  yang tidak lepas dari keberhasilan Kapolda NTB IRJEN Pol. Muhammad  Iqbal S.IK, bersama Kapolres Lotim AKBP Tunggul Sinatrio, SIK, MH, yang diakuinya sangat dekat dengan Para Ulama dan Tuan Guru. “Kami sangat apresiasi pola pendekatan humanis yang dilaksanakan oleh Bapak Kapolres Lotim” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Kapolda NTB IRJEN Pol. Muhammad  Iqbal S.IK. mengatakan bahwa Pemuda adalah element penting membangun sebuah Bangsa dan Negara, untuk itu, aparat kepolisian harus deket dengan Pemuda, terlebih lagi diasa Pandemi Pemuda harus memulai gerakan gerakan yang dapat memberikan Kontribusi yang Positif bagi bangsa dan negara.

Lanjutnya lagi, disebutnya peran pemuda  sebagai element penting yang dapat menjaga stabilitas keamanan, ditinjau dari persepektif kepolisian, gerakan Pemuda Nusa Tenggara Barat (NTB) dianggap masih dalam koridornya. “Saya anggap itu sebagai  kebanggaan apalagi kalau Pemuda mengkritisi, mendobrak dalam kontribusi yang Positif”terangnya.

Lebih jauh lagi Kapolda memaparkan mengenai 3 Strategi dalam Pemeliharaan kemananan seperti  Preemtif yang disebutnya sebagai langkah pencegahan yang paling mendasar sebelum melakukan langkah Preventif yang bekerja dipertengahan ambang gangguan dan yang terakhir adalah Penegakan Hukum.

“Dari ketiga tersebut kita harus melakukan pencegahan dari awal dengan melakukan mendekati masyarakat, menyapa masyarakat dan sama-sama menjaga keamanan dengan semua elemen Masyarakat” jelasnya Kapolda.

Namun untuk capaian yang maksimal, lanjutnya lagi, maka di butuhkan kerja sama semua elemen masyarakat untuk sama-sama menjaga keamanan dengan cara Pro aktif menjaga lingkungannya dimulai dari Keluarga, anak istrinya ataupun tetangga dan Masyarakat. Langkah Preventif ini juga  dapat dilaksanakan melalui inovasi pemeliharaan keamanan.

Untuk itu, aparat kepolisian tidak serta merta merta melakukan Penegakan hukum setelah adanya upaya Preemtif dengan membangun komunikasi bersama para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh adat dan masyarakat lainnya. ” Jadi penegakan hukum itu merupakan upaya pemeliharaan hukum yang paling akhir” terangnya.

Dikatakannya juga mengenai Pentingnya peran serta pemuda disalam menjaga kemananan khususnya di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat. “Pemangku kebijakan jangan hanya senyum, ataupun terimakasih saja namun perlu juga melakukan pendekatan dan dengan sentuhan” sindirnya.

Bahakan diakuinya peran pemuda itu sangat penting didalam menjaga keamanan dan ketertiban dengan melabelkan bahwa aparat kepolisian tidak berarti Tampa adanya peran serta pemuda dan masyarakat. ” Kami aparat kepolisian tidak akan berarti apabila tidak dibantu oleh Pemuda dan Masyarakat dalam menjaga Kamtibmas, karena pemuda kedepan akan menjadi pengganti kita sebagai pemangku kebijakan”akui Kapolda.(TD)

Pasang Iklan