Tropong Desa - Portal Berita Online Teraktual & Terpercaya | Untuk Pemasangan Iklan Hubungi 081915618200

PemDes Tembeng Putik Gandeng Pemuda Rampungkan Pemutakhiran Data Desa 2021

Datangi Korban Banjir Bima, MenSos Risma: Bersama Pemkab, Kami Akan Maksimal Membantu Para Korban
April 5, 2021
Bersama TNI Dan SatPol-PP, Polsek Terara Gelar Razia Masker Di Tiga Lokasi Berbeda
April 15, 2021

TROPONGDESA.com, Lombok Timur –  Desa Tembeng Putik siap rampungkan pemutahiran Data Desa tahun 2021 dengan Program Sustainable Development Goals (SDGs). Hal ini dibuktikan dengan digelarnya  Sosialisasi dan Bimbingan Teknik (BIMTEK) dengan melibatkan tim dan relawan yang didominasi pemuda di kantor Desa Tembeng Putik, Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur, provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Sabtu (10/04).

Dalam acara ini turut hadir Pendamping Desa, M. Fauzan S.Si dan Mulyadi S.Pd selaku pemateri, Sekertaris Desa Amrullah S.pd, selaku ketua Pokja, Polmas dan Babinsa Tembeng Putik dan Pokja serta Relawan pemutakhiran data tahun ini.

Ketua Pokja Amrullah S.pd yang membuka acara ini mengatakan  bahwa program ini sebenarnya tidak dianggarkan pada tahun 2021, tetapi dengan diskusi dan musyawarah bersama Lembaga Desa. Akhirnya disiasati untuk menganggarkan sesuai kebutuhan keberlangsungan pemutakhiran Data Desa tahun 2021.

” Sebenarnya tidak dianggarkan tetapi setelah kami diskusikan dengan BPD dan kepala Desa, kami mencoba mensiasati beberapa Anggaran yang kita dibutuhkan” jelasnya

Di tempat yang sama, Mulyadi dalam sambutannya menyampaikan. Hal ini dilakukan guna menjalankan instruksi pusat yang  bertujuan Pembangunan Berkelanjutan dengan melihat kondisi atau data objektif yang ada di desa.

“Sustainable Development Goals (SDGs) Desa memperoleh relevansinya, yaitu menyiapkan pembangunan desa secara total, pematangan konsep, dukungan kebijakan dan kelembagaan, serta pendataan detail dari dalam desa dan Desa berkesempatan mengatasi ketertinggalan karena SDGs Desa wajib menjangkau semua warga” paparnya

Ia juga mengatakan bahwa SDGs ini adalah bukan hal yang asing karena sebelumnya ada kemiripan dengan Program-program sebelumnya

” SDGs ini bukan mahluk asing bagi kita, tetapi ini ada kemiripan dengan yang sebelumnya, terlebih program ini menggunakan bahasa-bahasa sederhana di dalam aplikasi” pungkasnya

Tidak hanya itu, ia juga mengapresiasi kepada tim Pokja dan relawan. Karena di dominasi oleh kaum milenial dan peka terhadap media digital.

” Di Tembeng Putik kami sangat apresiasi tim pemutakhiran data. Karena didominasi pemuda yang mudah memahami dan memang akrab dengan sosial media dan alat digital lainnya, juga berdampak kepada kemudahan menjalankan proses pemutakhiran” tutupnya.(TD)

Pasang Iklan