Tropong Desa - Portal Berita Online Teraktual & Terpercaya | Untuk Pemasangan Iklan Hubungi 081915618200

Polsek Aikmel Bersama Forkopimcam, Gelar Razia Masker Di Bulan Ramadhan

Razia Masker Personel Polsek Jerowaru Berhasil Menjaring 62 Pengendara Tidak Pakai Masker
April 15, 2021
BKTM, Babinsa Dan Pemdes, Bersama-Sama Pasang spanduk rumah isolasi Di Desa Pohgading
April 15, 2021

TROPONGDESA.COM, Lombok Timur – Upaya penertiban pengendara roda dua (R2) dan roda empat (R4) serta pejalan kaki dan pengunjung tempat keramaian yang tidak menggunakan masker, menjadi atensi personel Polsek Aikmel, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur (Lotim). Giat ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya memutus penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat, serta bentuk atensinya terhadap Suksesnya lomba Kampung Sehat jilid 2 di Kabupaten Lombok Timur.

Kegiatan operasi yustisi ini dipimpin Kanit sahabara Bersama 6 orang anggota jaga, dibantu 4 orang anggota Posramil, 3 orang anggota kasi trantib, kepala desa bersama 5 orang staf desa, Pada hari Rabu (14/04). Langkah ini di tujukan untuk memberikan kesadaran kepada warga yang tidak pakai masker, sekaligus memberikan kesadaran mengenai pentingnya menjaga diri, keluarga dan orang lain dari serangan virus Covid-19.

Giat ini juga menurut Kapolres Lombok Timur AKBP Tunggul Sinatrio,SIK,MH, melalui Kapolsek Aikmel IPTU I Made Sutama, sebagai bentuk penegakan yang dilakukan terhadap peraturan daerah (perda)  nomor 7 tahun 2020 Dan peraturan gubernur nomor 50 tahun 2020 dalam mengantisipasi penyebaran penyakit menular ditengah masyarakat, sambil melakukan sosialisasi instruksi presiden Republik Indonesia (Inpres-RI) nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum.

Dalam pelaksanaannya, Kegiatan ini diawali dengan apel dengan Forkopimcam setempat, dengan arahan agar pelaksanaan kegiatan dijalankan berdasarkan prinsip humanis dan mengutamakan keselamatan pengendara maupun warga lainnya, meski demikian, lanjutnya lagi, petugas akan memberikan sangsi kepada warga sesuai intensitas pelanggaran yang dilakukannya.

“Bagi warga yang terjaring pertama kalinya tidak memakai masker hanya diberikan sangsi teguran lisan saja, tapi yang berkali-kali terjaring tidak menggunakan masker, akan diberikan sangsi sosial, Bahakan sangsi tertulis oleh petugas, untuk sangsi sosialnya, kami akan menghukum pelanggar dengan menyuruh mereka push up atau menyapu di sekitar lokasi razia,”jelas Kapolsek.

Kegiatan kali ini di laksanakan di Jalan Raya Desa Sukarema, di jalan Raya Desa Lenek Lauk, di jalan Raya Desa  Lenek Pesiraman, di jalan Raya Desa Lenek, di jalan Raya Desa Lenek Kalibambang, Kecamtan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur (Lotim), pada pukul 09.00 WITA, saat di lokasi, para petugas terlihat melakukan penertiban terhadap pengguna jalan raya dan warga yang tidak memakai masker.

Sepanjang kegiatan oprasi yustisi ini berlangsung, ramai dari pengendara dan warga berdalih lupa membawa masker. Namun petugas tetap memberikan sangsi, sekaligus mengingatkan tentang bahaya penyebaran covid-19 yang harus diantisipasi dengan tetap menggunakan masker dan menjaga jarak satu sama lainnya.

Dan hasil kegiatan kali ini tim gabungan berhasil menjaring 130 pengendara dan warga yang tidak menggunakan masker, 95 diantaranya diberikan sangsi teguran lisan, 10 orang diberikan sangsi tertulis,  selebihnya di kenakan sangsi disiplin dengan meminta para pelanggar untuk melakukan push up atau menyapu disekitar tempat pelaksanaan oprasi yustisi.(TD)

Pasang Iklan